(021) 3811654 (021) 385911

Visi dan Misi

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendiikan Islam Kementerian Agama mempunyai visi Terwujudnya kelembagaan pendidikan Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibdtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang islami, bermutu, populis, dan mandiri; serta mampu menjadikan peserta didiknya sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berkepribadian, menguasai iptek, dan mampu mengaktualisasikan diri secara positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Serta Misi Direktorat KSKK Madrasah yaitu :

  1. Memperkuat identitas pendidikan Islam pada setiap jenjang pendidikan RA, MI, MTs, dan MA
  2. Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan anak usia pendidikan RA, MI, MTs dan MA
  3. Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada tingkat RA, MI, MTs, dan MA
  4. Meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas lembaga pendidikan pada tingkat RA, MI, MTs, dan MA.

Pendidikan Madrasah, program maupun lembaga pendidikannya dikembangkan agar mempunyai ciri khas yang menjadi keunikan komparatif (Comparative uniqueness) dari sub sistem pendidikan nasional lainnya yaitu;

  1. Pendidikan Madrasah menempatkan nilai-nilai islam dan budaya luhur bangsa sebagai spirit dalam proses pengelolaaan dan pembelajaran ditandai dengan intensitas dan kuantitas pembelajaran agama islam, penciptaan suasana keberagaman islam dalam lembaga pendidikan, penyedioaan referensi dan sarana keagamaan, serta keteladanan dalam pelaksanaan keagamaan islam;
  2. Pendidikan madrasah bersifat holistic yang memadukan pengembangan manusia seutuhnya antara aspek jasmani dan rohani; akidah, ibadah, mu’amalah, aklakul karimah; ilmu agama dan ilmu pengetahuan juga teknologi; nilai tradisi dan modern; serta kearifan lokal dalam dinamika global;
  3. Pendidikan Madrasah menjujung tinggi nilai-nilai amanah; tafaqquh fi Al Din kesetaraan, kebangsaan, kebhinekaan, pemberdayaan, pembudayaan profesional dan bermutu.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama pada pasal 165 Direktorat   Kurikulum,   Sarana,   Kelembagaan,   dan Kesiswaan  Madrasah  mempunyai  tugas  melaksanakan perumusan  dan  pelaksanaan  kebijakan,  standardisasi, bimbingan  teknis,  dan  evaluasi,  serta  pengawasan  di  bidang  kurikulum,  sarana,  kelembagaan,  dan  kesiswaan madrasah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal  165,  Direktorat  Kurikulum,  Sarana,  Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan   kebijakan   di   bidang   kurikulum, kelembagaan,  kerja  sama,  sarana  dan  prasarana, kesiswaan,  pendanaan,  dan  tata  kelola  pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah;
  2. Koordinasi  dan  pelaksanaan  kebijakan  di  bidang  kurikulum,  kelembagaan,  kerja  sama,  sarana  dan prasarana,  kesiswaan,  pendanaan,  dan  tata  kelola pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah;
  3. Peningkatan  kualitas  pendidikan  karakter  peserta didik Raudlatul Athfal dan Madrasah;
  4. Fasilitasi  sarana  dan  prasarana  serta  pendanaan  pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah; 
  5. Fasilitasi  pelaksanaan  penjaminan  mutu  pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah;
  6. Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kurikulum,  kelembagaan, kerja sama, sarana dan prasarana, kesiswaan, pendanaan, dan tata kelola pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah; 
  7. Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang  kurikulum,  kelembagaan,  kerja  sama,  sarana  dan  prasarana,  kesiswaan,  pendanaan,  dan  tata  kelola pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah; 
  8. Pelaksanaan  evaluasi  dan  laporan  di  bidang  kurikulum,  kelembagaan,  kerja  sama,  sarana  dan  prasarana,  kesiswaan,  pendanaan,  dan  tata  kelola pendidikan Raudlatul Athfal dan Madrasah; dan  pelaksanaan administrasi direktorat.

Susunan  organisasi  Direktorat  Kurikulum,  Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah terdiri atas:

  1. Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi;
  2. Subdirektorat Sarana dan Prasarana;
  3. Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama; 
  4. Subdirektorat Kesiswaan; 
  5. Subbagian Tata Usaha; dan
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

Kebijakan Strategis

  1. Peningkatan Sarana dan Prasarana RA/BA Bermutu;
  2. Peningkatan Sarana dan Prasarana MI, MTs & MA dalam Rangka Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP);
  3. Pengembangan Mutu RA/BA, MI, MTs dan MA;
  4. Perluasan Kerjasama dan Bantuan Lembaga Donor (MEDP dan Akreditasi melalui AusAid);
  5. Penguatan Ciri Khas dan Regulasi Pendidikan Madrasah;
  6. Penyediaan Subsidi Pendidikan Madrasah Bermutu melalui Beasiswa Bakat dan Prestasi MTs dan MA;
  7. Percepatan Akreditasi Madrasah;
  8. Kompetisi dan Peningkatan Daya Saing Lembaga Madrasah;
  9. Peningkatan Citra, Tata Kelola / Manajemen & Akuntabilitas Pendidikan.