Kemenag Gelar Madrasah Young Researcher SuperCamp 2018

Berita   02/05/2018   by Madrasah   356 dilihat

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar lomba karya tulis ilmiah bagi para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Ajang kompetisi yang menjadi rangkaian Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 ini mengangkat tema Madrasah Young Researcher SuperCamp 2018 (MYRES 2018).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengatakan bahwa MYRES 2018 bertujuan menumbuhkan minat dan bakat menulis siswa MTs dan MA. Kegiatan ini juga ingin mengenalkan kepada mereka tentang riset atau penelitian sebagai bentuk pengembangan minat dan bakat.

“Kami berharap, ajang ini menjadi sarana pembelajaran bagi siswa dalam menuangkan ide-ide dan gagasan kreatif yang dituangkan dalam tulisan, sekaligus menumbuhkembangkan iklim dan budaya meneliti di kalangan mereka,” tutur Umar, di Jakarta, Minggu (22/04).

“MYRES 2018 juga diharapkan dapat mendorong pencapaian hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif. Juga mencari bibit peneliti muslim yang unggul dan berkarakter,” lanjutnya.

Menurut Umar, MYRES 2018 targetnya akan diikuti 36 peneliti muda dari siswa MTs dan MA. Mereka akan mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya dalam kegiatan Supercamp. Sebanyak 18 di antaranya (50%), akan diundang untuk melakukan presentasi saat kegiatan KSM 2018 di Bengkulu bulan September mendatang.

“Peserta yang ingin mengikuti kegiata supercamp mengirimkan proposal penelitian lengkap dengan biodata kepada panitia pelaksanaan kegiatan SuperCamp di alamat email myresc2018@gmail.com dan penelitimudamadrasah2018 @gmail.com selambat-lambatnya tanggal 11 Mei 2018,” tutur Umar.

“Peserta yang lolos seleksi proposal akan diumumkan pada tanggal 21 Mei 2018 dan akan diundang untuk menghadiri Kegiatan SuperCamp dan Mentoring,” sambungnya.

Kegiatan SuperCamp, kata Umar, akan berlangsung selama 4 hari 3 malam. Dalam kegiatan ini, peserta akan diberikan keterampilan merencanakan penelitian, pengambilan data, analisa data dan mengkomunikasikan penelitian (poster atau presentasi). Kegiatan ini akan berlangsung pada 27 - 30 Mei 2018.

“Setelah kegiatan SuperCamp, peserta akan dibimbing secara online selama 45 hari (1 Juni – 15 Juli) melalui group khusus di sosial media. Peserta yang mengikuti kegiatan SuperCamp dan mentoring ini kemudian diwajibkan menyampaikan Laporan Penelitian selambat-lambatnya tangal 31 Juli 2018,” jelas Umar.

Info selengkapnya: baca Juknis Madrasah Young Researcher

Share :  

Berlangganan Berita